Gardens at Candi Sawangan  KEMBALI KE ARTIKEL

Rumah Ramah Lingkungan, Apa Kriterianya?

Rumah Ramah Lingkungan, Apa Kriterianya? | gardens.id - Apa sebenarnya sustainable home atau rumah ramah lingkungan itu? Pembangunan rumah ramah lingkungan gencar dikampanyekan seiring dengan kekhawatiran terhadap kerusakan lingkungan. Sustainable home diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi dampak kerusakan pada lingkungan akibat pemanasan global dan perubahan iklim. Dengan rumah ramah lingkungan Anda bisa lebih menghemat biaya, memperbaiki kualitas serta produktivitas hidup, dan meningkatkan kesehatan. Lalu seperti apa sih sustainable home itu? Berikut ini ciri-cirinya:

1. Hemat Energi

Ciri pertama sustainable home adalah rumah yang bisa menghemat konsumsi energi dengan cara memanfaatkan energi alternatif. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan sinar matahari sebagai pencahayaan utama di dalam rumah. Selain memiliki banyak jendela agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah, sustainable home juga biasanya dilengkapi dengan panel surya yang berfungsi menyerap energi dari matahari untuk diubah menjadi energi listrik. Tak hanya menghemat biaya, pemanfaatan sumber daya alam ini mampu membuat lingkungan di dalam rumah menjadi lebih sehat untuk penghuninya. 

2. Sirkulasi Udara yang Baik

Ciri kedua, memiliki sirkulasi udara yang baik. Lancarnya perputaran udara yang masuk dan keluar rumah menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Rumah ramah lingkungan biasanya dilengkapi dengan ventilasi yang baik. Selain untuk memperoleh udara segar, ventilasi juga berfungsi untuk mengatur kelembapan dan menghindari kepengapan di dalam rumah.

3. Area Terbuka Hijau

Ciri ketiga, rumah ramah lingkungan memiliki ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau ini penting dimiliki oleh rumah ramah lingkungan karena mampu berperan sebagai pembersih kualitas udara di sekitarnya. Berbagai tumbuhan hijau akan membuat rumah menjadi lebih asri dan sejuk. Tak hanya itu, ruang terbuka hijau di sekitar sustainable home juga dapat difungsikan untuk area resapan air.

4. Pengelolaan Sampah

Ciri selanjutnya dari sustainable home adalah memiliki sistem pengelolaan sampah atau limbah yang baik. Hal tersebut diterapkan dengan tersedianya tempat penampungan sampah sementara yang dibuat menjadi dua bagian untuk memisahkan penempatan sampah organik dan anorganik. 

Itulah beberapa ciri penting yang harus dipenuhi untuk membangun sustainable home. Rumah ramah lingkungan yang baik juga perlu dilengkapi dengan sustainable living lifestyle yang dilakukan oleh penghuninya. Berminat untuk memiliki hunian yang ramah lingkungan? Cluster Saviya dari Gardens at Candi Sawangan bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Sejalan dengan dengan konsep perumahan Gardens, hunian yang asri dan modern dengan sustainable development, cluster Saviya memiliki sifat ramah lingkungan serta fitur efisiensi energi.

Cluster Saviya dilengkapi dengan sistem pencahayaan alami, ruang terbuka hijau, dan sirkulasi udara silang. Tak hanya itu, Perumahan Gardens juga memiliki mobilitas yang mudah menuju kota Jakarta karena terletak sangat dekat dengan pintu Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2). Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 atau Anda bisa kunjungi official website Gardens di sini atau melalui Instagram @gardens.id.

Sumber:  tirto.id, Assetz, Infinity Energy Organisation