Gardens at Candi Sawangan  KEMBALI KE ARTIKEL

5 Ciri Rumah yang Cocok untuk Investasi Properti

Properti merupakan salah satu instrumen investasi yang aman dan menguntungkan, tak terkecuali dengan rumah. Seiring dengan kebutuhan rumah dan tanah yang meningkat maka harganya akan cenderung naik. 

Salah satu keunggulan investasi rumah adalah nilai capital gainnya yang relatif cukup besar, rata-rata peningkatannya 10% hingga 15% per tahun, tentunya hal ini tergantung dari lokasi rumah yang Anda pilih. Tidak heran bila investasi rumah kian diminati. 

Namun, memilih terjun ke bisnis investasi rumah tidaklah semudah yang dibayangkan, karena ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah cermat memilih lokasi rumah yang ingin diinvestasikan. 

Bagi Anda yang saat ini berencana untuk investasi rumah, berikut beberapa ciri hunian yang cocok untuk investasi properti. Pastikan kalau Anda tidak sampai salah pilih, ya.

Lokasi Strategis

Lokasi strategis merupakan salah satu ciri rumah yang cocok untuk investasi properti. Misalnya, rumah dekat kawasan pusat bisnis atau CBD (Central Business District), maka rumah tersebut menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk investasi. Berada dekat pusat bisnis seperti kompleks perkantoran, pertokoan dan bank sama halnya seperti memberi kemudahan dalam mobilitas orang-orang kala menjalankan kegiatan perekonomian sehingga tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama di perjalanan.

Memiliki Aksesibilitas yang Baik

Akses merupakan ciri penting dalam memilih rumah untuk berinvestasi. Bila Anda memilih rumah yang mudah dijangkau baik dengan transportasi massal maupun pribadi, tentunya nilai jual rumah akan tinggi. Seperti ketersediaan akses bus yang dapat menjadi poin plus tersendiri karena membuat mobilisasi kian aman nan nyaman. Atau rumah yang aksesnya mudah dijangkau ke tol dalam atau luar kota juga menjadi salah satu ciri hunian yang tepat untuk diinvestasikan. 

Berada di Daerah Berkembang

Rumah yang dekat dengan fasilitas publik menjadi idaman banyak orang. Tanpa perlu menempuh jarak jauh, berbagai kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi mulai dari pusat perbelanjaan dan pendidikan, rumah ibadah, hingga fasilitas pelayanan kesehatan seperti klinik atau rumah sakit. Tidak heran apabila harga rumah yang berada di daerah berkembang, harga jualnya akan meningkat signifikan setiap tahun.

Fasilitas Lengkap

Ketersediaan fasilitas lengkap menjadi salah satu ciri rumah yang cocok untuk diinvestasikan. Ketersediaan fasilitas olahraga berupa kolam renang, club house, lapangan golf, lapangan tenis, hingga keberadaan pusat perbelanjaan yang jaraknya tidak jauh dari kawasan perumahan, rumah sakit, pusat pendidikan dan lain sebagainya merupakan indikator kawasan rumah yang cocok menjadi instrumen investasi properti yang menguntungkan. Saat ini, para pengembang berlomba-lomba untuk menghadirkan berbagai kenyamanan dengan menghadirkan fasilitas mumpuni yang dapat dijangkau dengan mudah dari rumah.  

Sistem Keamanan Optimal

Anda harus memastikan bahwa lokasi tempat Anda berinvestasi memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Ya, inilah ciri yang tidak kalah penting dalam memilih rumah untuk investasi, yakni tingkat keamanan. Kawasan rumah yang baik tentu akan dilengkapi dengan sistem keamanan optimal seperti kamera CCTV atau one gate system dimana setiap orang yang memasuki area perumahan akan terpantau secara detail. 

Anda dapat menemukan segala ciri rumah yang cocok untuk investasi properti tersebut di Gardens at Candi Sawangan, yang baru saja meluncurkan klaster terbaru pada bulan Juni 2021 kemarin bernama klaster Saviya.

Menurut Rifaldi, Sales Manager Gardens at Candi Sawangan, prospek investasi di perumahan Gardens at Candi Sawangan sangat bagus, hal tersebut dapat terlihat dari kenaikan harga unit rumah yang mencapai 50% persen dalam kurun waktu 4 tahun.  

“Saat pertama kali launching di tahun 2017 harga rumah di sini sekitar Rp 400 - Rp 500 juta, sekarang sudah mencapai Rp 900-an juta,” kata Rifaldi.    

Unit rumah di klaster Saviya memiliki berbagai keunggulan mulai dari teknologi smart home system, dengan berbagai fitur yang disediakan mulai dari CCTV, AC Control, Door Bell, semua serba otomatis dan dapat dikendalikan melalui aplikasi dalam gadget

Klaster Saviya juga terbagi menjadi 3 tipe rumah, yakni  50/66, 60/78 dan 70/90. Setiap unit rumahnya memiliki 2 lantai  dengan spesifikasi jumlah kamar yang berbeda-beda. Pada tipe 50/66 dan 60/78 terdapat 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Sementara di tipe 70/90, jumlah ruangnya lebih banyak yakni 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Harga rumah di klaster Saviya dibanderol mulai dari Rp. 800 juta hingga Rp. 1,1 miliar. 

Lokasi Gardens at Candi Sawangan sangat mudah diakses, karena hanya berjarak 2 KM dari Tol JORR 2 yang dapat terhubung dengan tol dalam kota dan bandara. Bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum, di sana juga disediakan shuttle bus yang dapat membawa Anda menuju MRT Lebak Bulus. Dekat pula dari stasiun KRL Commuter Line. 

Fasilitas publik yang tersedia tak kalah eksklusif dan mumpuni mulai dari pusat perbelanjaan The Park Sawangan, rumah sakit, pusat pendidikan dan dalam kawasan Gardens at Candi Sawangan tersedia club house, cycling, jogging track, green park, swimming pool, masjid, sistem keamanan 24 jam, cctv, area bermain, carport dan sekolah internasional.