Gardens at Candi Sawangan  KEMBALI KE ARTIKEL

5 Alasan Investasi Rumah Menguntungkan

Instrumen investasi ada berbagai macam mulai dari investasi saham, emas, deposito hingga properti. Bila Anda memiliki tujuan finansial di masa depan, investasi merupakan salah satu langkah tepat yang dapat dilakukan.

Tidak hanya mengandalkan penghasilan utama seperti gaji perbulan, investasi berperan sebagai passive income yang mendatangkan keuntungan dalam kurun waktu jangka pendek atau panjang ke kantong Anda. Misalnya seperti investasi properti yang dapat mendatangkan keuntungan bagi Anda dengan perolehan margin keuntungan dari harga beli dan harga jual.

Investasi properti sudah sejak lama dikenal masyarakat. Tidak beresiko tinggi, tidak terpengaruh oleh inflasi dan harganya tidak fluktuatif melainkan cenderung naik pertahun. Umumnya, investasi properti ini cocok bagi Anda yang ingin memperoleh jangka panjang. Artinya, tidak dalam kurun waktu singkat melainkan tahunan. 

Banyak investasi properti yang dapat Anda pilih, salah satunya adalah rumah. Berdasarkan data dari portal properti Lamudi.co.id, terdapat peningkatan penjualan rumah secara online sebesar 36,8% dari bulan Juni 2020 ke Juni 2021. Hal ini membuktikan bahwa geliat bisnis properti khususnya rumah tetap diminati masyarakat meski di masa pandemi. 

Simak 5 alasan investasi rumah berikut ini agar mengetahui lebih dalam mengenai keuntungan apa saja yang diperoleh. 

Harga Rumah Meningkat Seiring dengan Capital Gain

Dalam properti, terdapat istilah capital gain yaitu suatu keuntungan yang diperoleh dari investasi dimana keuntungan tersebut diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual. Bila Anda memilih rumah yang lokasinya strategis seperti aksesibilitas lokasi mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi massal, fasilitas publik lengkap, kawasan sekitar rumah berkembang, maka nilai capital gain dapat meningkat hingga 15% pertahun. Tidak hanya itu, Anda dapat meningkatkan nilai aset rumah dengan melakukan renovasi dan menjual rumah berformat full furnished agar harga jual yang Anda tetapkan dapat optimal. 

Investasi Rumah Sebagai Passive Income untuk Anda

Investasi rumah merupakan salah satu investasi jangka panjang karena harga jualnya meningkat pertahun sehingga untuk memperoleh keuntungan yang optimal umumnya dibutuhkan waktu tahunan untuk mendapatnya. Namun, bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan lebih singkat dengan bisnis sewa rumah. Keuntungan dapat diperoleh dalam waktu 6 bulan atau satu tahun.

Sebagai Investasi Jangka Panjang 

Menanamkan investasi pada sektor properti khususnya rumah termasuk dalam kategori investasi jangka panjang. Harga rumah mengalami peningkatan setiap tahunnya seiring dengan ketersediaan lahan yang semakin berkurang, hal tersebut memicu kenaikan harga tanah sekaligus harga rumah. Perolehan keuntungan dari investasi rumah diperoleh dalam hitungan waktu tahunan namun investasi ini tepat dijadikan sebagai jaminan hidup di hari tua. 

Dapat Dijadikan Tempat Tinggal

Selain disewakan, Anda dapat menempati rumah tersebut bersama pasangan atau keluarga. Sambil menunggu waktu kenaikan harga rumah yang memakan waktu tahunan, jika tidak berminat untuk didewakan maka Anda dapat tinggal disana untuk mencegah kekosongan, tujuannya agar rumah selalu terawat. Bila ingin menghemat pengeluaran renovasi rumah, maka lakukanlah perubahan secara bertahap selama Anda tinggali rumah tersebut. 

Sebagai Dana Darurat dan Aset Anda

Dana darurat adalah bentuk preventif dari hal-hal yang bersikap darurat dan membutuhkan banyak uang seperti kecelakaan, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mendadak, bencana atau penyakit serta kejadian lainnya. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, sebaiknya siapkan 6 sampai 12 kali dari gaji Anda untuk darurat, dan bagi Anda yang belum berkeluarga maka dana darurat yang dialokasikan adalah 3 sampai kali gaji. Agar tidak kebingungan mencari uang dalam jumlah besar yang dibutuhkan secara cepat, maka berinvestasi rumah bisa jadi solusi untuk Anda. Dengan memiliki rumah, Anda dapat menjualnya sewaktu-waktu saat butuh mencairkan dana darurat.

Bila Anda tertarik untuk berinvestasi rumah, Gardens at Candi Sawangan merupakan pilihan tepat bagi Anda. Pasalnya, perumahan yang berlokasi di Sawangan ini memiliki akses mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi massal.

Tol JORR Cinere Serpong yang menghubungkan Sawangan dengan pusat kota, kota satelit BSD hingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta jaraknya sangat dekat diakses dari perumahan Gardens Candi Sawangan yaitu 2 KM saja. Tidak hanya itu, disediakan fasilitas shuttle bus menuju stasiun MRT Lebak Bulus untuk memfasilitasi penghuni yang menggunakan moda transportasi massal. Stasiun kereta Depok juga tersedia bagi Anda pengguna kereta Commuter Line.

Fasilitas publik di sekitar perumahan Gardens at Candi Sawangan sangat lengkap dan eksklusif, sebut saja pusat perbelanjaan seperti mall The Park Sawangan, Lulu Hypermarket, pusat pendidikan seperti Universitas Pamulang dan Universitas Terbuka. Dari segi pelayanan kesehatan, terdapat Rumah Sakit Brawijaya Depok dan Rumah Sakit Sari Asih Ciputat yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit saja. 

Gardens at Candi Sawangan merupakan pilihan cocok bagi Anda yang ingin membeli rumah untuk investasi karena nilai investasi melonjak 50% dalam kurun waktu 4 tahun. 

“Prospek investasi benar-benar sangat bagus. 2017 pertama kali kita launching itu dengan tipe yang sama seperti yang kita pasarkan saat ini, harganya sekitar Rp. 400 - 500 juta. Berarti kurang lebih sekitar 3 sampai 4 tahunan, harganya sudah sekitar Rp. 900-an juta. Peningkatannya sudah hampir 50% karena daerahnya makin naik,” ujar Sales Manager Gardens at Candi Sawangan Rifaldi dalam keterangannya, saat wawancara bersama Lamudi.co.id di peluncuran klaster Saviya, Sabtu (26/6/2021). 

Saat ini, terdapat 4 klaster yang dipasarkan di Gardens at Candi Sawangan. Pertama, terdapat kluster Grand Amity Sawangan. Menawarkan pilihan unit rumah terbesar yang luas bangunan 120 m2 dan luas tanahnya mencapai 200 m2 untuk tipe Grand Amity 120. Tipe ini terdiri dari bangunan 2 lantai, 3 + 1 kamar tidur dan 2 + 1 kamar mandi. 

Selain tipe Grand Amity 120, terdapat tipe Grand Amity 68 dengan luas bangunan 68 m2 dan luas tanah 128 m2, 2 + 1 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Kemudian, ada Grand Amity 55 yang luas bangunannya 55 m2, luas tanah 96 m2 dengan spesifikasi 2 kamar tidur serta 1 kamar mandi. Tipe terakhir di kluster Grand Amity Sawangan adalah Grand Amity 50, berdesain bangunan 1 lantai dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Beralih ke pilihan kluster selanjutnya yaitu kluster Kamila Sawangan yang pilihannya cukup banyak mencakup 6 tipe rumah, dimana semuanya berdesain rumah 2 lantai. Dimulai dari Kamila 60 yang merupakan pilihan unit rumah terluas di kluster ini, dengan spesifikasi luas bangunan 60 m2, luas tanah 90 m2, 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Kemudian Kamila 55 (luas bangunan 55 m2 & luas tanah 66 m2) dan Kamila 47 (luas bangunan 47 m2 & luas tanah 66 m2) yang memiliki spesifikasi jumlah ruang serupa. 

Selanjutnya, terdapat Kamila 39 yang memiliki luas bangunan 39 m2, luas tanah 66 m2, 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Diikuti dengan Kamila 36 (luas bangunan 36 m2 & luas tanah 60 m2) dan Kamila 30 (luas bangunan 30m2 & luas tanah 60m2) yang juga memiliki jumlah ruang yang sama. 

Beralih ke kluster Amity Sawangan, disini 6 tipe rumah yang ditawarkan seluruhnya berdesain 2 lantai. Tipe rumah terbesar adalah Amity 120, dengan luas bangunan 120 m2, luas tanah mencapai 200 m2 dengan jumlah ruang yang banyak yaitu 3 + 1 kamar tidur dan 2 + 1 kamar mandi, cocok dihuni keluarga. Kemudian, Amity 68 yang luas bangunannya 68 m2, luas tanah 128 m2, memiliki spesifikasi ruangnya juga cukup banyak yaitu 2 + 1 kamar tidur dan 2 + 1 kamar mandi. 

Masih di kluster Amity Sawangan, terdapat Amity 65 yang luas bangunannya 65 m2, luas tanah 108 m2, 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Untuk Amity 60 (luas bangunan 60 m2 & luas tanah 96 m2) dan Amity 56 (luas bangunan 56 m2 & luas tanah 90m2), jumlah ruang pada dua tipe rumah ini sama yaitu 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Terakhir, ada Amity 50 yang lebih minimalis dibanding tipe-tipe sebelumnya, yaitu dengan spesifikasi luas bangunan 50m2, luas tanah 96m2, jumlah kamar tidur dan kamar mandi masing-masing 1.

Kluster berikutnya merupakan kluster terbaru yang diluncurkan Gardens at Candi Sawangan di bulan Juni 2021 kemarin. Dilengkapi dengan teknologi smart home system, kluster Saviya cocok sekali bagi para milenial yang menyukai hal-hal serba canggih dan praktis. Anda dapat mengatur AC, doorbell, CCTV dari satu aplikasi yang ada di gadget

Kluster Saviya dipasarkan dalam 3 tipe rumah yaitu Saviya 50, Saviya 60 dan Saviya 70. Bila Anda menginginkan rumah modern dan minimalis dengan banyak ruang, pilih Saviya 70 yang memiliki 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Untuk Saviya 60 dan Saviya 50, jumlah kamar tidurnya ada 2 dan kamar mandi 1.

Fasilitas di dalam kawasan rumah Candi Sawangan cukup lengkap, seperti club housecyclingjogging track, green park, kolam renang water blaster, sistem keamanan optimal 24 jam lengkap dengan CCTV serta one gate system menuju area perumahan, area bermain, carport, dan masjid.