Gardens at Candi Sawangan  KEMBALI KE ARTIKEL

4 Tips Miliki Rumah Impian dengan Gaji UMR

4 Tips Miliki Rumah Impian dengan Gaji UMR | gardens.id - Memiliki rumah pribadi di umur tertentu menjadi impian banyak orang, khususnya kaum milenial yang baru meniti karir. Namun, tak jarang keinginan tersebut tidak sejalan dengan realita jika hanya mengandalkan jumlah pendapatan yang kecil, setara atau bahkan di bawah nominal gaji UMR (Upah Minimum Regional). Belum lagi dengan harga rumah yang selalu naik di setiap tahunnya. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak akan bisa memiliki hunian pribadi. Berikut ini beberapa tips untuk membeli rumah dengan gaji UMR:

1. Survei Rumah

Pertama-tama, yang harus dilakukan adalah survei rumah yang Anda inginkan. Dengan begitu maka Anda akan mengetahui patokan harga rumah, sehingga Anda sudah bisa mengira berapa jumlah uang yang harus dikumpulkan termasuk DP beserta cicilannya. Lokasi rumah juga penting untuk dipertimbangkan, Anda bisa menghemat biaya perjalanan sehari-hari dengan memilih rumah yang dekat transportasi publik.

2. Mengatur Pengeluaran

Hitunglah biaya yang Anda keluarkan untuk kebutuhan hidup per bulan. Setelah itu kurangi jumlah pendapatan per bulan dengan jumlah pengeluaran per bulan. Maka Anda akan mendapatkan besar nominal yang bisa ditabung setiap bulannya untuk membeli rumah. Untuk menabung, Anda bisa membuka tabungan berjangka dengan metode auto debet. Jika nominal yang Anda tabung dirasa terlalu kecil, mulailah berhemat. Sebenarnya yang sulit bukanlah menabung, tetapi mengontrol biaya pengeluaran.

3. Program KPR

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan sebuah program untuk mencicil rumah dalam jangka waktu dan jumlah bunga tertentu. Program KPR ini dapat menjadi satu cara alternatif bagi Anda yang belum memiliki uang tunai yang cukup untuk membeli rumah. Terdapat 2 jenis KPR di Indonesia, yaitu KPR subsidi dan KPR non-subsidi. KPR subsidi dikhususkan untuk masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah, berupa subsidi meringankan kredit dan subsidi dana tambahan untuk pembangunan maupun perbaikan rumah. Sedangkan, KPR non-subsidi disediakan untuk seluruh masyarakat.

4. Investasi Emas

Tak hanya menabung, Anda bisa mencoba berinvestasi dengan emas untuk menambah penghasilan. Investasi emas bisa sangat menguntungkan karena harganya yang cenderung stabil dan naik dari tahun ke tahun. Jika harganya turun pun nilainya tidak signifikan. Dibandingkan dengan investasi lainnya, investasi emas juga lebih mudah dicairkan.

Selain dari tips-tips yang telah disebutkan di atas, hal penting lainnya agar berhasil membeli rumah impian adalah disiplin dalam menabung. Anda juga harus cermat dalam mengatur keuangan, prioritaskanlah kebutuhan. Yuk, segera miliki rumah impian di Gardens at Candi Sawangan dan dapatkan berbagai keuntungannya! Ada diskon DP puluhan juta serta voucher DP belasan juta, ada subsidi biaya KPR, dan bebas iuran pengelolaan lingkungan atau IPL selama 2 tahun. Lokasinya pun strategis karena terletak lebih dekat dengan Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR2) sehingga bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 atau Anda bisa kunjungi official website Gardens di sini atau melalui Instagram @gardens.id.

Sumber: myedisi, Kumparan, Kompas, cermati